Besarnya Bahaya Alergi Debu dan Bagaimana Cara Penanganannya

Alergi debu sebenarnya merupakan salah satu jenis dari rhinitis alergi yang umum sekali. Alergi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan pada zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Meskipun kondisi ini termasuk kondisi yang umum terjadi, namun tetap saja berbahaya. Kira-kira sebesar apa bahaya alergi pada debu? Nah, jika sudah tahu bahayanya, lalu bagaimana cara penanganannya?

Ingat, alergi adalah permasalahan kesehatan yang sangat sulit untuk disembuhkan. Artinya obat terbaik adalah dengan tindakan pencegahan. Dengan demikian, potensi mengalami alergi pada debu pun bisa diminimalisir.

kunjungi juga artikel mengenai jasa bersih rumah Bekasi

alergi debu

Bahaya Alergi Debu

Saluran pernapasan, wajah, dan kulit, adalah beberapa bagian dari tubuh yang terkena efek cukup parah dari alergi seperti ini. Ada beberapa permasalahan kesehatan yang ditimbulkan karena mengalami alergi pada debu.

Dan hal ini sekaligus bisa dijadikan sebagai ciri-ciri jika seseorang tersebut mengalami alergi pada debu. Misalnya saja seperti bersin-bersin, hidung tersumbat dan berair, terdapat lendir di tenggorokan, batuk, mata merah, gatal, hingga berair, hingga munculnya ruam pada kulit.

Sementara itu untuk para penderita asma, alergi pada debu bisa membuat penyakit asma menjadi semakin parah. Jika penderita asma mengalami alergi debu, ada beberapa tanda-tanda yang sering terjadi.

Mulai dari mengalami sesak napas, napas menjadi pendek dan berbunyi, dada terasa nyeri dan berat, hingga susah tidur karena batuk, bersin tanpa henti, hingga mengalami sesak napas. Artinya alergi pada debu ini sangat berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit asma.

bagi anda yang membutuhkan jasa hydrocleaner bisa ke vacuum tungau bekasi

Cara Penanganan Alergi Pada Debu

Dibanding menggunakan obat alergi, cara penanganan alergi pada debu akan lebih efektif dengan cara menghindari penyebabnya. Artinya Anda harus rutin membersihkan debu di rumah Anda.

Memang tampak mustahil membuat rumah tidak ada debunya sama sekali. Namun di sisi lain Anda bisa menguranginya. Nah, dalam hal ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan.

Tips Pertama, Jangan menggunakan karpet. Ingat, debu mudah sekali bersembunyi di sela-sela karpet. Ada baiknya untuk menggunakan ubin atau kayu saja. Yang lebih mudah untuk dibersihkan.

Tips Kedua, Bubuh tungau debu pada seprai dan sarung bantal. Caranya dengan mencucinya secara berkala menggunakan air panas.

Tips Ketiga, Rutin membersihkan seluruh bagian rumah. Gunakan vacuum cleaner atau sapu. Agar lebih maksimal, gunakan juga pel/lap basah. Nah, saat proses pembersihan, ungsikan terlebih dahulu anggota keluarga yang alergi pada debu. Pasalnya debu sudah pasti akan beterbangan kesana-kemari.

Tips Keempat, Jika di rumah ada hewan peliharaan, usahakan tidak masuk ke kamar anggota keluarga yang alergi pada debu.

Tips Kelima, Ada baiknya untuk meminimalkan perabotan di dalam rumah. Ingat, perabotan merupakan salah satu tempat yang sering ada debunya. Selain itu, untuk membersihkannya pun butuh kehati-hatian.

Tips Keenam, Ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan pengurang kelembapan atau dehumidifier. Tujuannya adalah untuk mengusir tungau debu di dalam rumah. Akan lebih maksimal lagi jika Anda menambahnya dengan penyaring udara juga.

Itulah beberapa langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan. Ingat, tindakan pencegahan lebih baik dibanding tindakan pengobatan. Dengan melakukan penanganan langsung pada sumbernya, lebih efektif untuk menangani alergi debu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat